Buat Temans se - Profesi
Dunia Elektronika ini telah membimbing dan mengawalku sampai menjadi aku yang sekarang ini, pensiunan karyawan swasta yang punya keinginan untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada siapapun yang tertarik.
Tidak "wuah", tapi lumayan bisa mengantarku keusia kepala enam dengan empat anak dan dua cucu dalam kondisi yang layak.

Thursday, December 3, 2009

Masa depan Hardware dan Software

Contoh perkembangan pada industri Ponsel. Mudah saja kita lupa 20 tahun telah berlalu, dimana telepon seluler masih jarang dan kalaupun ada ukurannya masih sebesar batu bata. Lihat hari ini, hampir semua kita sudah menggunakannya. Selama bertahun-tahun para pembuat ponsel bersaing satu sama lain dalam menonjolkan desain dan fitur terutama sekali dari sisi hardwarenya. Hardware, hardware dan hardware, selalu saja berfokus pada hardware, seperti membuat pesawatnya menjadi lebih kecil...menambahkan kamera ...memperbaiki layar tampilan dan sebagainya. Spesifikasi teknis menjadi andalan untuk menjadi yang terbaik.

Pergeseran fokus ke software. Sesuatu yang menarik telah terjadi pada beberapa tahun terakhir dan puncaknya pada peluncuran iPhone. Tiba tiba saja, tidak semuanya melulu soal hardware lagi tetapi software juga ikut berperan. Software sebelumnya memang sudah menjadi bagian dari ponsel, tetapi baru belakangan inilah software menjadi bagian yang penting. Ini menjadi argumentasi alasan kenapa iPhone meraih sukses begitu besar. Ia telah dibekali dengan platform komplit dan luas yang tidak hanya memudahkan pembuatan aplikasi yang menarik tapi juga memberikan cara yang mudah bagi pemakai untuk mengakses softwarenya. Kustomisasi dapat dilakukan pada lapis software, tidak lagi pada lapis hardware. Pemakai dapat memilih atau menciptakan sendiri kecanggihan ponselnya dengan software yang disukainya. Hardware masih tetap berperan, tapi peranannya disana hanya untuk memfasilitasi software dan platform. Inilah pergeseran paradigma dimana kita didalamnya, dengan iPhonenya Apple dan Blackberrynya RIM menjadi penunjuk jalan.

Berpikir tentang “platform” Tentu saja Hardware perlu tetap ditingkatkan dan menarik, tetapi ponsel harus lebih fokus untuk menjadi platform. Bila itu dilakukan maka software yang bekerja dalam platform akan benar benar jadi pembeda (termasuk sistem operasi dan interfacenya)..(dipetik dan terjemah dari royal.pingdom.com)

No comments:

Post a Comment